Jumat, 15 Februari 2013

MACAM-MACAM KUE JAWA TIMUR



                                                        KUE KHAS JAWA TIMUR


Aneka jajanan jawa timur

Suka menikmati aneka jajanan khas dari daerah lain yang ada di Indonesia? Yuk kita telusuri jajanan khas yang berasal dari Provinsi Jawa Timur, Jawa Timur  memiliki banyak potensi wisata yang sangat menarik di antaranya adalah wisata kulinernya. Dan pariwisata Jatim ini juga menjadi favorit untuk tujuan tempat wisata Indonesia.
Jawa timur merupakan salah satu Propinsi dari Negara Indonesia yang terletak di bagian paling timur dari Pulau Jawa, Provinsi Jawa Timur dengan ibukota Surabaya adalah kota terbesar ke-2 setelah Jakarta.

Berikut beberapa jajanan khas dari Kabupaten yang ada di Jawa Timur:

Kripik Tempe merupakan jajanan khas dari Kabupaten Ngawi.
Harga Kripik Tempe Rp.10.000,- / pack

Merupakan jajanan khas ngawi yang terbuat dari bahan baku kedelai dan rempah-rempah, bawang, garam sebagai bumbunya, keripik tempe juga bisa di buat lauk makan atopun untuk sekedar camilan.






Kue Geti merupakan jajanan khas dari Kabupaten Tulungagaung

Harga Kue Geti Rp.12.000,- / pack

Merupakan jajanan khas tulungagung yang terbuat dari  wijen dan ada pula yang dari kacang tanah, gula merah, rebusan gula di campur wijen atau kacang tanah kemudian di keringkan dan di cetak dengan bentuk kotak-kotak. Rasa kue ini sangat kental dengan manisnya gula merah, dan sangat cocok buat oleh-oleh.





Keripik Apel dan Nangka merupakan jajanan khas dari Kabupaten Malang.
Harga Kripik Apel atau Nangka Rp.6.000,- / pack
Merupakan jajanan khas ota malang yang terbuat dari bahan baku apel dan nangka yang sudah di rendam dengan air kurang lebih 30menit, di gorengan dalam pengorengan selama kurang lebih 1jam, dan kemudian di masukan dalam alat pengering. Rasa apel ataupun nangka sangat terasa pada kripik ini, karena pembuatanya yang sangat alami tanpa ada bahan kimia.



Wingko Babat merupakan jajanan khas dari Kabupaten Lamongan.
Harga Wingko Babat Rp.12.000,- / pack

Merupakan jajanan khas lamongan yang terbuat dari tepung ketan, kelapa setengah tua kupas parut memanjang, air kelapa, garam, gula pasir, margarin. Rasa jajanan ini tidak kalah dengan jajanan yang lain, adonan kelapa yang begitu kental sangat terasa di lidah ketika mencicipinya, serta rasa manis nan gurih sangat lezat sebagai hidangan jajanan di rumah.



Pudak merupakan jajanan khas dari Kabupaten Gresik.
Harga Pudak Rp.8.000,- / 10biji
Merupakan jajanan khas gresik yang dibuat dari jagung manis, kelapa muda yang di kupas parut memanjang, gula pasir, garam, serta bubuk vanili. Cara pembungkusannya yang unik yakni dengan memakai daun jagung muda.



Ledre merupakan jajanan khas dari Kabupaten Bojonegoro.
Harga Ledre Rp.15.000,- / pack
Merupakan jajanan khas bojonegoro yang dibuat dari tepung ketan, kelapa muda yang di parut kasar, air, garam, gula, dan bubuk vanili. bentuk penyajian yang kering ini sangat cocok buat camilan di sore hari ditemani secangkir kopi hangat.






Krupuk  Lempeng merupakan jajanan khas dari Kabupaten Magetan.
Harga Krupuk Lempeng Rp.10.000,- / pack
Merupakan jajanan khas magetan yang terbuat dari beras yang dimasak lalu di keringakan di bawah terik matahari, udang kering, bawang putih, garam, merica, gula, dan minyak goreng. Sangat cocok sebagai pelengkap lauk makanan setiap hari dengan cita rasa gurih nasi terpadu dangan bumbu bawang.





Jenang Mirah merupakan jajanan khas dari Kabupaten Ponorogo.




Harga Jenang Mirah Rp.12.000,- / pack

Merupakan jajanan khas ponorogo yang dibuat dari bahan bahan asli yaitu beras ketan, gula kelapa dan santan buah kelapa, tanpa bahan pengawet. Termasuk makanan basah karena hanya tahan satu minggu, kecuali di freezer/cooker.







Sale Pisang merupakan jajanan khas dari Kabupaten Pacitan.
Harga Sale Pisang Rp.6.000,- / ikat
Merupakan jajanan khas pacitan yang terbuat dari bahan pisang raja yang sudah bener2 matang, minyak goreng sebagai pelumas, tahanapan dalam pembuatanya setelah di goreng pun pisang harus di jemur an didiamkan kurang lebih selama 1.5 hari, setelah benar-benar kering pisang di angkat dan di tatarapi melingkar. Pisang sale ini mampu bertahan dalam waktu hingga 1 bulan.

Manco merupakan jajanan khas dari Kabupaten Trenggalek.
Harga Manco Rp.10.000,- / pack

Merupakan jajanan khas trenggalek yang terbuat dari bahan ketan, karuk ketan, dan gula merah,proses pembuatan jajanan ini terbilang cukup rumit,dimana ketab harus di rendam air kurang lebih selama 1 jam,kemudian di tumbuk sampai halus, karuk digoreng dengan pasir yang telah di bersihkan, kemudian brondong tadi diayak agar brondong terpisah dengan pasir,begitu juga dengan manco, kemudian gula di rebus tanpa memakai air, manco di benamkan ke dalam gula, kemudian dikluarkan dan di taburi dangan brondong yang telah di buat tadi. Rasa renyah serta manis dari manco ini menciptakan cita rasa tersendiri.

 
Opak Gambir merupakan jajanan khas dari Kabupaten Blitar.
Harga Opak Gambir Rp.8.000,- / pack

Merupakan jajanan khas litar yang terbuat dari telor, tepung beras, garam, gula pasir, santan, kayu manis bubuk, dan minyak untuk mengoles, rasa dari opak gambir ini lain dari pada opak-opak yang sudah ada,karena kerenyahan serta krenyes di mulut begitu nikmat dan mudah hancur.



Bream merupakan jajanan khas dari Kabupaten Madiun.
Harga Bream Rp.9.000,- / pack

Brem merupakan jajanan khas asli dari Madiun. Terbuat dari sari tape ketan yang diolah demikian rupa dan dibentuk menjadi kotak-kotak. Rasanya manis bercampur asam.Berguna untuk meremajakan kulit, menghilangkan jerawat dari dalam.







Gethuk Pisang merupakan jajanan khas dari Kabupaten Kediri.
Harga Gethuk Pisang Rp.3.000,- / biji

Merupakan jajanan khas kota kediri yang terbuat dari bahan pisang raja nangka, gula pasir, garam, dan daun pisang sebagai pembungkusnya,Rasa dari gethuk pisang ini sangat berbeda dengan gethuk-gethuk yang lain, sebab ciri khas rasa pisang sangan melekat pada gethuk pisang ini.


Kue Dollar merupakan jajanan khas dari Kabupaten Surabaya.
Harga Kue Dollar Rp.15.000,- / pack
Merupakan jajanan khas kota surabaya yang terbuat dari telor, gula tepung, gula palem, tepung beras, kacang tanah, tepung sagu, santan, margarin, garam, dan esens almon.Cara pembuatan kue dollar ini pun hampir sama dengan kue-kue yang lain, namun sekali lagi cita rasa yang di hasilkan sungguh berbeda dangan balutan warna coklat yang cantik.







Onde-onde merupakan jajanan khas dari Kabupaten Mojokerto.
Harga Onde-Onde Rp.4.000,- / biji
Merupakan jajanan khas mojokerto yang terbuat dari tepung ketan, tepung sagu, santan hangat, garam, dan wijn yang sudah di keringkan,kacang hijau, dan daun pandan. Proses pembuatanya melalui 2 tahapan,yakni pembuatan kulit onde-onde dan isi onde-onde.Penyajian onde-onde berbalut wijen kering sangat menggugah selera untuk camilan yang empuk nang gurih.







Bandeng Asap merupakan jajanan khas dari Kabupaten Sidoarjo.
Harga Bandeng Asap Rp.25.000,- / pack

Merupakan jajanan khas sidoarjo yang terbuat dari bahan baku ikan bandeng, dengan bumbu teh, bawang putih, bawang merah, ,erica, dan garam.untuk bahan sambalnya memakai kecap manis, petis, air, jeruk nipis, dan cabe rawit.Proses pembuatanya tidak sembarangan dimana harus benar-benar oelh orang yang sudah berpengalaman.
 


Permen Ting-ting Jahe merupakan jajanan khas dari Kabupaten Pasuruan.
Harga Permen Ting-ting Jahe Rp.3.000,- / pack
Merupakan jajanan khas pasuruan,terbuat dari potongan jahe, tepung ketan, gula pasir, tepung maizena, garam, asam sitrat, kalium sorbet, kayu manis, mentega, air, natrium benzoat, dan bahan bakar minyak.Permen ini sangat kental dengan rasa jahenya, sehingga cocok buat teman dalam perjalanan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar